Satu Bulan Satu Buku di 2013



Awal-awal tahun aku banyak menemukan postingan para pencinta buku dan penggila buku (eh, omong-omong ada gak ya istilah penggila buku )  tentang list buku-buku yang sudah selesai dibaca selama tahun 2012 plus reviewnya. Sumpah, salut banget sama mereka. Mereka concern menyelesaikan membaca  buku-buku yang udah masuk list  target baca selama setahun. Udah gitu mereka bikin reviewnya. Aku coba mengingat kira-kira ada berapa buku ya yang aku baca selama tahun 2012 yang lalu?? Gak nyampe 10 deh keknya. Kalo gak salah ingat ada:

2. Di Danau Perak-Laura Ingals Wilder
3. Al Hikam Ibn 'Athaillah Untuk Semua-Abdurrahman El 'Ashiy
4. My Princess-Hyun Kyung Sohn
5. After The Wedding-Kim Ji Oh 
6. Memory and Destiny-Yunisa KD
7. Every Time We Kiss-Christie Kelley
Rata-rata novel dan mungkin hanya 2 buku yang aku tulis reviewnya . Kemudian aku juga menemukan beberapa ajakan dari mereka untuk bergabung dalam reading challenge 2013. Rasa-rasanya pengeeenn banget ikut berpartisipasi. Tapi… ??? *Tepok jidat* Belom apa-apa udah “tapi”    
Ternyata buku-buku yang wajib dibaca selama tahun 2013 itu lumayan berat . Mulai dari novel klasik, trus ada juga cerita anak-anak, ada juga cerita misteri yang kesemuanya itu buku-buku dari luar. Ngeliat daftar buku-bukunya tiba-tiba aku khawatir jangan-jangan ada yang belum diterjemahin ke dalam bahasa Indonesia, Bahasa Inggrisku kan lumayan payah. Gimana mo ngeriviewnya ntar yaa… 

Tapi aku gak patah semangat, biarin deh gak bisa ikut challenge resmi bersama para pembaca buku lainnya, aku tetap mau bikin reading challenge buat aku pribadi aja . Di reading challenge yang aku buat ini aku gak nentuin bakal baca buku apa aja.  Aturannya aku buat sesimple mungkin. Aturan yang pertama adalah buku yang dibaca gak boleh melulu novel. Soalnya aku sempat tertegun lama saat melihat koleksi buku-buku yang aku punya. Semua novel bisa kelar aku baca, tapi buku-buku non fiksi banyak yang terlantar gak kelar-kelar aku baca. Kenapa bisa begitu, akupun gak tau. Sampe satu hari di twitter akun @KlubBuku dalam kicauannya mengatakan  “Buku fiksi memang menyenangkan untuk membebaskan imajinasi kita, tetapi buku-buku non fiksilah yang akan lebih memperkaya wawasan”. So, aku pengen punya bacaan yang lebih bervariasi. Aku ingat waktu kuliah dulu, kakak mentor di pengajian sering banget ngerekomin buku-buku bagus, buku-buku islami, biografi para ulama, buku motivasi, dan lain-lain. Setelah dibaca didiskusikan bersama teman-teman yang lain. Sekarang?

 Ini buku-buku yang gak kelar dibaca. Berhenti di tengah udah gitu malas bacanya lagi.
Gak tau kenapa. Ada Becoming a Star-nya Mario Teguh, padahal nonton Mario Teguh Golden Way aku suka banget. Mudah-mudahan di tahun 2013 ini tuh buku bisa kelar.

Dua buku di atas juga belom kelar-kelar dibaca. Padahal di twitter banyak banget
yang berkicau kalau buku Ippo tuh dahsyat banget. Yah mudah-mudahan bisa kelar dibaca dalam waktu dekat.

Selanjutnya, aturan kedua adalah dalam satu bulan minimal aku harus baca satu buku plus menyelesaikan reviewnya. Jadi di akhir tahun minimal ada 12 buku yang telah selesai aku baca. Kalau bisa lebih dari 12 malah lebih bagus tuh. Bismillah…Mudah-mudahan bisa terealisasi nih

Komentar