Minggu, Maret 13

It's Your Time..! (Jelang 2 Tahun Leutika)

Hari ini aku mau cerita tentang teman facebookku. Teman yang istimewa. Ehm… Namanya Leutika. Eetss.. Dia bukan cewek, juga bukan cowok (nah lo?). Hehehe biar gak pada bingung aku kasitau deh. Leutika ini adalah penerbit, nama panjangnya Leutika Publisher. Kenapa? Kenapa? Apa ada di antara kamu yang juga sudah mengenalnya? Hehehe kalau begitu gak salah lagi, kamu sedang membaca blog seorang leutikan dan anggota Leutika Reading Society (LRS) cabang Medan (hehehe narsis). LRS itu komunitas baca tulisnya leutika, pernah aku certain juga di sini.

Awal Kenal Leutika

Suatu hari aku dapat tag note dari temanku. Isinya tentang pengumuman adanya audisi menulis. Awalnya aku rada gimana gitu saat membaca audisi menulis. Di mana-mana yang namanya audisi mah buat mereka yang punya talenta di bidang acting, tarik suara, tari atau bermusik. So, audisi menulis saat itu benar-benar baru buatku. Penasaran, aku langsung add penyelenggaranya, Leutika Publisher. Tapi jujur belum berani ikutan audisi meski aku sangat tertarik. Gimana enggak tertarik? Ditantangin buat nulis curhatan soal jalan raya, dan 30 yang beruntung lulus audisi tersebut, curhatannya bakal dijadiin buku. Itu artinya apa? Aku bisa jadi penulis. Gila! Serasa mimpi aja kalo bisa jadi penulis. Langsung kebayang sama Andrea Hirata, JK. Rowling, Asma Nadia… (jadi ngayal beneran). Tapi di audisi kedua, aku udah nekat. Audisi penulis crazy moment. Pede aja berbekal pernah ngerasa gila (ops astaghfirullah… Pengalaman gila maksudnya) aku ikutan di audisi tersebut. Dan begitu pengumuman, taraaa… Anda belum beruntung. Bukannya sedih, aku malah ketawa karena artinya aku masih waras hehehe

Tapi saat aku membaca bukunya, hiks hiks.. aku sedih banget menyadari aku bukan salah satu dari mereka yang berhasil menorehkan catatan gilanya ke buku keren ini. Next time aku bikin reviewnya deh... Biar pada tau sekeren apa buku ini ^_^


Dua Tahun Leutika, Dreams2Reality.

Pokoke Leutika beneran deh. Bener-bener banget gitu. Beneran bikin salut dan takjub. Mendekati usia dua tahun, udah berkibar layaknya seleb yang lagi naek daun. Teman-temannya rame. Gara-gara quota di facebooknya penuh, Leutika harus buat akun Leutika Publisher 2. Kewalahan lagi, jadi bikin fanpagenya. Dua tahun, mungkin terlalu singkat untuk sebuah perjalanan Leutika dengan visi misinya read write inspire. Tapi dalam waktu yang singkat itu Leutika benar-benar manjain sahabat-sahabatnya (baca: leutikan) dengan semua layanan dan kemudahan dalam dunia literasi (hmm… Dunia literasi… Minjem istilahnya leutika…). Apalagi sejak lahirnya Leutikaprio.


LeutikaPrio itu seperti adiknya Leutika gitu deh (lini self publishingnya Leutika). Kehadirannya benar-benar memberi peluang buat penulis pemula yang tertarik untuk menerbitkan buku-buku mereka. Meski self publishing, urusan biaya masih terbilang murah mengingat semua urusan penerbitan dilakukan oleh Leutikaprio. Penulis cukup ngirim naskah doang, urusan cover dan layout juga dibantu. Pokoke siapa aja yang selama ini seperti aku mupeng jadi penulis, bisa kok diterbitin di Leutikaprio, gak mesti nunggu audisi dulu dan gak perlu takut naskah ditolak. Satu lagi, gak harus novel, gak mesti buku motivasi, atau buku kelas berat. Sekedar kumpulan puisi dalam catatan diary atau bahkan catatan dodol sekalipun bisa dibukuin juga hahaha. Aku juga lagi seleksi tulisan-tulisan di blogku ini deh, pengen juga ngebukuinnya. Kali aja buat warisan anak cucuku nanti hehehe. Penasaran pengen juga nerbitin buku sendiri? coba deh mampir langsung ke Leutikaprio. Semoga penasaranmu segera terjawab.

ElBe dan Free Ongkir se-Indonesia


Yang ini juga unik banget dan sepertinya masih baru di Indonesia, satu-satunya malah (sepanjang sepengetahuanku). Namanya Langganan buku alias ElBe. ElBe ini adalah layanan Leutika yang berusaha memenuhi kebutuhan leutikans yang suka baca dengan kemudahan membeli buku. Selain mudah juga murah loh. Daaaannn free ongkir! (catat! Free ongkir se-Indonesia saudara-saudara!!). Selama ini kadang alasan malas belanja online karena terbentur ama ongkir. Ongkir ternyata lebih mahal dibandingkan harga buku, apalagi kalo beli bukunya sebiji-dua biji gitu. Tapi sejak aku kenal leutika gak lagi tuh. Belum bisa langganan juga gak masalah. Karena free ongkir berlaku untuk semua orang. Dan status ElBe gak seumur hidup, artinya bisa berhenti langganan kalo lagi seret keuangan. Biayanya cuma Rp. 150 ribu buat 3 bulan. Setiap bulannya kita bakal dikirimin 2 buku (Ingat! free ongkir!). Setelah 3 bulan kalo mau rehat dulu gak masalah. Nanti mau langganan lagi bisa nyambung lagi. Trus buku apa yang mau dibeli? gampang juga, kita dikirimin katalognya. Selesai milih-milih bisa langsung sms Leutika. Nomornya berapa? Bayarnya gimana? Aku saranin langsung aja deh kunjungi webnya, atau add akun FBnya (Ini saran loh, bukan iklan)

Dan, menjelang dua tahun usianya kini, sebagai leutikan aku berharap Leutika akan terus berkembang menjadi lebih, lebih dan lebih baik lagi. Tetap menjadi wadah bagi para leutikan menyalurkan minat baca tulis dan partner setia bagi penulis yang ingin terus berkarya lewat penanya.
And now, its your time...


Note: Semua gambar/logo bersumber dari web Leutika. Kalo photo koleksi pribadi ^__^

20 komentar:

  1. Za... tq ya infonya, mbak baru tau deh soal ini...
    Ok ... mbak tunggu deh karya Zachi...

    BalasHapus
  2. pengen deh bisa jadi penulis dan nerbitin buku,
    :)

    BalasHapus
  3. Jujur...say abaru tahu lho..direview aja biar kita semua pada tahu....

    BalasHapus
  4. Gimana ya bisa nulis yang bagus dan bisa diterbitkan...sepertinya harus banyak belajar nich..
    Ditunggu review nya aja ya

    BalasHapus
  5. @ mbak sukma: hehehe.. mudah2an ya mbak :)

    @ rezka: ke leutikaprio aja Ka..

    @ Hani: oya? kenalan dulu dunk ama Leutika di FB. sip ntar crazy moment nya aq review yach...

    @ IbuDini: sekarang gak mustahil lg mbak... ke leutikaprio aja, byk buku yg diterbitin dari catatan harian penulisnya loh... :)

    BalasHapus
  6. Wew..., sblum komen, aq mw nanya,
    "siapa yg tampangny kayak org dkejar hutang?? "

    ganteng gitu lho...,
    xD

    hayo hayo, kumpulin artikelny buat dbukukan,
    abis itu aq...,

    xD

    BalasHapus
  7. Huah.. senengnya punya komunitas penerbitan buku.. kesempatannya gede buat jadi penulis.. :)

    keren.. :D

    BalasHapus
  8. Pantas ajja rasanya pernah dengar ama itu...
    salam kenal yah dan mampir juga di rumah persahabatanku
    http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

    BalasHapus
  9. @ Edo: wkwkwkw gak ding Do, bercanda... aslinya cakep kok :)
    wah, cerbung lo berenang sekali terjun kalo di modif lagi bs jadi novel tuh... bisa dunk lo coba maen ke leutika, kale aja.. :)

    @ Arif: Iya rif jadi punya banyak teman.. mudah2an bs rilis buku jg heheh

    BalasHapus
  10. @ Fadly: oya??? kenalan di Fb juga ya :)namanya emang udah gak asing lagi...

    BalasHapus
  11. seru kayaknya kalo tulisan-tulisan kita diterbitin ya Za?.. sayangnya saya nggak pedee sama tulisan2 saya >.<

    hemm.. ayoo ayoo, udah ada kenalan 2 publisher gitu, kapan2 update kamu punya tulisan dibukukan doonk..

    BalasHapus
  12. ditunggu karya nya..salam kenal.kalau ada waktu kunjungi blog saya ya.http://edyirawannasution.blogspot.com

    BalasHapus
  13. @ Gaphe: Ya elah Pe, lo nulis cerita travelling ama kuliner keren banget Pe. Di dukung ama poto2 original lo, bukan gak mgkn lagi. Iya, ntar deh klo antologiku selesai terbit ya.. :)

    @ i-one: makasih ya..

    BalasHapus
  14. iy aku juga pengguna facebook...

    BalasHapus
  15. zasa....
    kalo mau nulis novel/buku, etc...
    semuanya bisa dipublish coba follow @nulisbuku di twitter.
    aq juga mulai mencoba untuk menulis..
    salam sayang
    -strawberry/rena-

    BalasHapus
  16. wow rata" mau jdi pnulis hebat nih,,(kapan nyusul ya???)

    BalasHapus
  17. Mksh informasinya, ini nih yg selama ini aku cari2... aku ingin bgt jd seorg penulis...
    trima ksh byk ya infonya

    BalasHapus
  18. walah, aku g tau apa2 tentang nulis2. hehehe

    BalasHapus
  19. @ Strawberry: Thanks infonya Ren.. Long time no see... Di tulisan ini aku malah mau ngenalin leutikaprio, Rena udah pernah dengar? :)
    Thanks kunjungannya.

    @ Ahmad: Harus secepatnya..:D

    @ Penghuni 60: sama2 bro..

    @ Kira: yeee... Kira boong aja, sesama blogger pasti bisa nulis juga dunk.. Artikel Kira jauh lebih oke.. ^^ dibandingkan aku heheh

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^