Senin, Januari 12

Alhamdulillah, Allah Mengundangku ke Baitullah


Alhamdulillah...
Alhamdulillah...
Alhamdulillah 'alaa Kulli Haalin...

Ya Allah, rasanya aku tidak bisa menggambarkan seperti apa gejolak dihatiku saat itu. Penghujung 2014 Allah berkenan mengundangku mengunjungi dua tanah haramNya, Makkah dan Madinah dalam perjalanan umroh bersama Elsasya Utama Tour. Senang, haru, takjub, kagum, merasa tak percaya, semuanya campur jadi satu. Masya Allah...

Baitullah...
Sudah lama rasanya kerinduan itu terpendam di dalam hatiku. Rasanya pengeeeennn banget bisa mengunjungi Baitullah dan melihat Ka'bah. Melaksanakan rukun Islam terakhir di sana. Tapi selalu saja aku merasa gak mungkin, apa bisa? berapa lama harus menunggu untuk perjalanan haji? dan mampukah aku secara finansial?

Aahh, ngomongin finansial, aku jadi ingat dengan ucapan Ustadz Mubarraq bahwa jangan sekali-kali merasa khawatir dengan finansial, jika sudah ada perkuatlah dengan doa dan ikhtiar. Maka hitung-hitungan  (matematika) Allah takkan pernah mampu nalar kita sebagai manusia untuk memahaminya. dan itulah mungkin yang aku alami. Rindu bisa beribadah di sana sangat menggebu, dan sedikit demi sedikit aku berikhtiar untuk menabung. Masih jauh rasanya, masih lama lagi rasanya rindu ini harus aku tahan, tapi Allah ternyata berkehendak lain. Allah berkenan mengabulkan pintaku, mengundangku mengunjungi rumahNya dalam ibadah umroh lebih cepat dari perkiraanku, dan Allah mencukupkan semuanya.. Alhamdulillah...

Persiapan
Karena ini adalah perjalan pertamaku sendirian ke tanah suci, jauh-jauh hari aku udah banyak browsing tentang pelaksanaan umroh di google. Jadi, rukun umroh itu tidak sama dengan rukun haji. Pada pelaksanaan umroh tidak ada melontar jumroh dan wukuf di padang arafah. Dari travel Elsasya Utama Tour juga ada manasik umroh yang sangat membantu aku dan para jamaah lain dalam memahami pelaksanaan ibadah umroh nantinya. Selain itu, aku juga sharing ke tanteku yang kebetulan sudah pernah melaksanakan haji dan umroh, kira-kira apa-apa saja yang perlu aku persiapkan untuk aku bawa ke sana. Katanya, aku gak perlu membawa terlalu banyak gamis, karena di sana nanti aku bisa membeli gamis. Kalo dari Indonesia aja udah banyak bawa gamis, trus di sana juga membeli gamis, bisa-bisa barang bawaan pulang jadi bejibun. Masuk akal juga sih... 


Pelaksanaan
Kami bertolak menuju Jeddah pada tanggal 13 Desember 2014 dengan pesawat Mihin Lanka Airlines, transit dan bermalam di Colombo. Medan-Colombo ditempuh selama lebih kurang 3 jam. Pesawat take off dari Bandara Kualanamu pukul 17:25 wib dan tiba di bandaranaike International Airport, Colombo pukul 18:55 waktu colombo (Perbedaan waktu Indonesia-Srilanka sekitar 1,5 jam).

Menu makan di pesawat, nasi goreng dengan ayam semur.
Rasanya sedikit berbeda,aroma dan rasa rempah2nya sedikit lebih kuat :)


Pesona sang surya dari atas burung besi :)

Begitu proses imigrasi selesai, kami rombongan Elsasya Utama dibawa ke hotel di mana kami akan menginap. Jarak hotelnya cukup dekat dengan bandara. Gitu nyampe hotel langsung diantarin ke restorannya buat makan malam. Menunya gak jauh beda, ada ayam semur, telur mata sapi, acar, dan snack gurih (aku mengernyitkan kening saat mendengar namanya, kemudian mereka mengulanginya dengan sebutan "cracker"). 

Dessertnya ice cream, yummyyy :)

Pagi harinya 14 Desember 2014, setelah mandi sunnah ihrom, aku dan jamaah lainnya sudah mengenakan ihrom. Pagi itu setelah sarapan kami akan bertolak ke Jeddah dengan pesawat Saudi Arabian Airlines. Kenapa kami sudah harus mengenakan ihrom? itu karena menurut ustadz, kami akan mengambil miqot di Yalamlam, dan saat itu kami masih berada di udara. Pesawat take off dari Bandaranaike International pukul 11:45 waktu colombo dan tiba di King Abdul Aziz International Airport Jeddah sekitar pukul 15:35 waktu saudi (perbedaan waktu Saudi dengan Indonesia lebih kurang 4 jam) dengan lama penerbangan lebih kjurang 6 jam.

6 hari berada di Makkah...
Aku sulit menggambarkan bagaimana rasanya. Senaaaang, haru, bahkan terkadang merasa tak percaya Allah berkenan mengizinkanku mengunjungi tanah haramNya. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, kami telah berihrom dan berniat ketika miqot di Yalamlam. Maka setelah tiba di Hotel dan makan malam, kami langsung menuju ke Masjidil Haram untuk melaksanakan rukun-rukun umroh lainnya yaitu, thawaf, sa'i dan tahallul. 

Setelah melaksanakan umroh yang pertama sekali.
Alhamdulillah, selama 6 hari Makkah berada di Makkah, kami jamaah Elsasya dapat melaksanakan 3x umroh. Dua umroh lainnya mengambil miqot di Ji'ronah dan Hudaibiyah





Jarak hotel dan Masjid yang tidak bisa dikatakan dekat, membuat kami lebih sering berlama-lama di Masjid sembari menunggu lima waktu. Jika harus bolak balik hotel-masjid, dengan jumlah jamaah umroh yang semakin hari semakin bertambah, adalah hal yang sulit untuk mendapatkan barisan shaf di dalam masjid.






Ini adalah salah satu kuliner di Makkah. Namanya? Im not sure :D
Entah ini yang disebut dengan kebab atau shawarma.
Terdiri dari roti yang diisi dengan... yaa kita boleh memilih isinya.
Kalau yang digambar berisi daging dan kentang. Ada juga yang berisi sayur dan kacang-kacangan
Harganya waktu itu 3 riyal (1 riyal=3200 rupiah). Rasanya? Uennaakkk :)






Ratusan merpati ini menjadi pemandangan menarik lainnya saat kami berjalan menuju dan pulang dari Masjid. Anak-anak kecil berlarian bercengkrama dengan mereka.
mengejar mereka kemudian tersenyum bahagia saat melihat merpati-merpati itu  mengepakkan sayapnya dan terbang ke udara.  






Meski dalam proses renovasi tak mengurangi keindahannya
Pesona Masjidil Haram di siang hari.
Menara-menaranya yang menjulang tinggi membuatku menengadah
melihat ke atas, ke birunya langit
ke luasnya angkasa
aku mengakui Kemaha BesaranNya
Masya Allah...!






Ada banyak hal indah dan menarik lainnya. Tapi untuk kali ini aku cukupkan sampai di sini dulu. Insya Allah akan aku lanjutkan dengan cerita saat melakukan ziarah kota Makkah lainnya.

2 komentar:

  1. subhanallah ya mba..saat spt ini, keimanan kita diuji..makasih ilmunya mba Zasachi

    BalasHapus
  2. alhamdulillaaah...
    ikut senang

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^