Sabtu, Agustus 23

Review Buku Beningkan Hati dengan Alquran


Judul                   : Beningkan Hati dengan Alquran
Penulis                 : Hariyanti Sukma
Penerbit                : Sixmidad
ISBN                     : 978-602-70506-4-8


Keep sharing!

Tak dapat dipungkiri setiap kita pasti punya pengalaman. Pengalaman apa saja, setiap kita memilikinya. Tidak peduli apa pekerjaan kita, kesenangan kita, bahkan usia kita… karena kita sedang berada di dalam proses kehidupan. Apa yang sedang kita lakukan akan menjadi pengalaman kita.

Ada banyak tokoh sukses di dunia bisnis kemudian berbagi pengalaman mereka lewat seminar, menjadi motivator, atau berbagi pengalaman lewat tulisan. Ada banyak penjelajah, traveler, pelancong yang juga melakukan hal yang sama. Mereka menuliskan hal-hal yang indah, menggelikan bahkan hal yang menyakitkan sekalipun yang mereka alami ketika melakukan perjalanan. Mereka mencoba  mendeskripsikan tempat-tempat unik di belahan dunia lain yang belum tentu dapat dikunjungi oleh orang lain. Berbagi pengalaman lewat tulisan. Ada juga sebagian yang lain berbagi pengalaman saat hidayah pertama kali menyapa mereka. Mencoba menggambarkan bagaimana ketika pintu nurani terketuk untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Itu juga yang dilakukan oleh penulis. Bedanya penulis berbagi pengalaman kesehariannya yang mungkin sebagai pembaca kita juga pernah mengalaminya. Tetapi tidak banyak dari kita yang melakukan pendekatan dengan Alquran terhadap apa yang sedang kita alami. Ini mungkin yang kemudian menjadikan buku ini berbeda.

Penulisnya, Hariyanti Sukma (aku biasa memanggilnya dengan sebutan Mbak Sukma) adalah seorang blogger yang berprofesi sebagai guru. Saat pertama sekali mengenal beliau lewat aktivitas blogwalking, postingan-postingan di blognya seperti sebuah catatan harian. Beliau lebih banyak berbagi cerita tentang aktivitas beliau sehari-hari sebagai guru dan juga ibu rumah tangga. Tidak jauh berbeda dengan blogku saat itu. Lebih banyak cerita curhatan. Mbak Sukma sangat ramah melayani dan merespon komentar yang masuk. Aku ingat malah pernah mendapatkan award dari blognya.

Mandeg, tidak ada ide untuk postingan baru, sibuk dengan kerjaan biasanya membuat beberapa blogger pemula hiatus. Itu juga pernah terjadi pada Mbak sukma, meski aku tidak tau pasti apa alasannya. Lama tidak membaca postingannya. Hanya kalimat-kalimat positif singkat yang muncul di halaman facebooknya.

Hingga kemudian Mbak Sukma kembali. Kembali dengan postingan yang jauh berbeda. Postingan yang lebih bernilai, lebih bergizi. Semuanya bermula dari tantangan menulis satu hari satu ayat. Dan buku dengan ketebalan 174 halaman ini adalah kumpulan dari postingannya tersebut.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan khas Mbak Sukma. Disampaikan dengan runut dari satu paragraph ke paragraph berikutnya. Tidak terkesan menggurui meski beliau adalah seorang guru. Lewat tulisannya, Mbak Sukma mencoba mengajak pembacanya untuk bersama-sama lebih dekat dengan Alquran. Bukan hanya dekat dengan cara membacanya tetapi dekat secara emosional lagi, yaitu dengan memahami maknanya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mbak Sukma bukan pakar di bidang Alquran. Dia adalah ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai guru dan kebetulan senang menulis. Mbak Sukma dalam buku ini juga jujur mengakui baru mencoba merubah kedekatannya dengan Alquran agar lebih dekat lagi dengan cara membaca arti/makna dan mencoba melaksanakan isi Alquran sedikit demi sedikit dalam kesehariannya. Meski sedikit demi sedikit, tak ada yang sia-sia ketika dia menyampaikan isi Alquran yang barangkali tak semua kita pernah melakukannya. Mbak Sukma sedang berada di dalam proses membeningkan hati lewat Alquran dan dia mencoba mengajak pembacanya untuk melakukan hal yang sama. Itulah kenapa di awal aku katakan buku ini berbeda. Ketika penulis menyampaikan pesan-pesannya dengan cinta dan ketulusan, insya Allah semua pesan akan mudah pula menyentuh hati para pembacanya.

Selanjutnya, kesempurnaan hanyalah milik Allah. Terima kasih banyak Mbak Sukma atas bingkisan yang luar biasa ini. Semoga setiap goresan pena yang tertulis di buku ini menjadi ladang amal untuk meraih keberkahanNya

Selamat untuk buku pertamanya Mbak. 
Tetaplah berbagi lewat tulisan. Tetaplah menginspirasi!


NOTE: Bagi rekan blogger yang tertarik dengan buku ini, bisa langsung menghubungi penulisnya, Mbak Sukma di facebook.


1 komentar:

  1. Zasachi....makasih ya .... haru banget bacanya
    Makasih juga yang selalu menyemangati .
    Semoga buku ini menjadi inspirasi untuk banyak orang

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^