Selasa, April 15

Wisata Bahari Aceh, Surga Bawah Laut yang Eksotis

Berdiri memandangi lautan yang membentang di pelabuhan Ulee Lheue pagi itu mengingatkan saya akan tragedi Tsunami yang melanda Aceh 9 tahun silam. Masih membekas di ingatan saya bagaimana dahsyatnya air laut yang seolah marah, mengamuk, menerjang dengan deras, dan menarik siapa saja yang menghadang ke dalam gelombangnya. Orang-orang menjerit histeris ketakutan sahut menyahut dengan suara takbir yang dikumandangkan. 9 tahun silam..

Tapi pagi itu, sekitar Oktober 2013 apa yang saya lihat jauh berbeda. Laut di hadapan saya sangat bersahabat. Bersama dengan teman-teman seperjalanan, kami memilih duduk di atas batu-batu besar menikmati hembusan semilir angin sambil menikmati tarian ombak yang pecah ketika sampai di ujung batu-batu di mana kami melepas penat. Indahnya.. Tak henti-henti bibir bertasbih memuji keindahan lukisanNya. Sempurna.

Di Pelabuhan Ulee Lheue
Berada di ujung barat Pulau Sumatera, Banda Aceh sangat familiar dengan wisata baharinya. Pantai Lhoknga, Pantai Lampuuk, Ujung Batee dan Ulee Lheue seolah menjadi maskot bahari Banda Aceh. Keindahan pemandangan alam pantai dan lautnya juga tak diragukan lagi. Tapi tujuan saya dan teman-teman waktu itu adalah Pulau Weh. Pulau yang berada paling barat dari gugusan pulau-pulau ini menyimpan kekayaan bawah laut yang sangat eksotis. Dan bersama teman-teman, saya ingin melihat lebih dalam lagi apa yang ada dibalik hamparan samudranya yang membiru.

Akses menuju Pulau Weh bisa melalui ferry atau speedboat dari Pelabuhan Ulee Lheue. Meski akses yang mudah, ternyata banyak juga dari penduduk lokal Banda Aceh yang belum menikmati keindahan panorama bawah lautnya. Saya merasa beruntung, memiliki waktu luang bersama teman-teman untuk melihatnya langsung.

Pantai Iboih
Ya, kami memilih bermalam di Iboih. Ada banyak penginapan dengan harga relatif terjangkau yang bisa di sewa. Kami sengaja memilih penginapan yang terletak persis di depan pantai. Luar biasa menakjubkan. Melepas lelah sambil melihat deburan ombak yang memecah karang. Seharian memanjakan mata melihat keindahan pemandangan sekitar. Pantai yang bersih dan laut yang jernih. Karang-karang terlihat dengan jelas dari permukaan laut. Sesekali saya berlari kecil saling berkejaran dengan ombak. 

Di Pantai Iboih
Bermain bersama ombak
Setelah puas bercengkrama dengan ombak, rasanya kami mulai tidak sabar untuk bisa melihat lebih dekat lagi keindahan di bawahnya. Kami memilih snorkeling. Pilihan bersnorkeling bukan tanpa alasan. Karena tidak semua dari kami bisa berenang. Snorkeling dianggap lebih aman karena kami hanya akan berada di sekitar pantai. Untuk alat bantu seperti kaki katak dan alat bantu pernafasan bisa di sewa karena penginapan juga menyediakan fasilitas itu.

Dan apa yang selama ini hanya bisa saya lihat di televisi maupun gambar, akhirnya bisa langsung saya lihat dengan mata saya sendiri. Gerombolan ikan karang dengan aneka warna bermain-main di sela-sela batu karang. Melihat keberadaan kami, ikan-ikan karang itu seolah menyambut dengan ikut beratraksi saling berkejaran sehingga membuat gemas mata yang memandang. Pemandangan lain adalah gugusan karang yang kokoh, menjadi tempat berlindung dan mencari makan ikan-ikan terlihat berwarn warni. Sebuah pemandangan yang membuat mata takjub. Luar biasa indah.

Kami sangat bahagia
Ikan-ikan karang ini menghipnotis saya untuk berlama-lama berada di dalam laut
So beautiful
Pengalaman yang tak terlupakan

Saya benar-benar terpukau. Teman-teman saya juga merasakan hal yang sama. Alangkah indahnya negeri ini. Alangkah kayanya negeri ini. Rasanya saya ingin mengulang perjalanan itu lagi. Saya belum puas bercengkrama dengan makhluk-makhluk indah di dalam laut sana.

Pantai Sumur Tiga
Selain Iboih, Pantai Sumur Tiga juga menjadi rekomendasi bagi siapa saja yang ingin menikmati wisata bahari yang luar biasa menakjubkan. Dengan struktur pantai berpasir, duduk berlama-lama menikmati hembusan angin di atas pasirnya yang bersih juga bisa menciptakan kepuasan tersendiri. Lautnya juga sangat bersih. Saat berkunjung ke sana, pantai tidak begitu ramai. Benar-benar menjanjikan kepuasan bagi siapa saja yang ingin melepas penat. 

Di Pantai Sumur Tiga
Menakjubkan..

Pantai Sumur Tiga dari ketinggian



Satu hal yang menjadi catatan saya setiap kali mengunjungi pantai-pantai di Pulau Weh adalah tiadanya pungutan seperti biaya masuk pantai dan parkir. Di pantai manapun yang kami singgahi kami disambut hangat penduduk lokal yang biasanya berjualan makanan dan minuman ringan. Tidak ada pungutan yang dilakukan atas nama uang parkir, uang keamanan atau karcis masuk pantai yang biasanya selalu saya temui di tempat lain. Meski tanpa pungutan tersebut, pantai-pantai yang saya dan teman-teman kunjungi tetap terjaga keindahannya dan terawat dengan baik. Saya merasa nyaman dengan itu semua.

Pulau Weh menyimpan begitu banyak pesona keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Selain kedua pantai yang pernah saya kunjungi tersebut, masih ada pesona lain yang ditawarkan seperti Lembah Anoi Itam, Pantai Tapak Gajah, Titik Nol Km dan wisata taman laut di Pulau Rubia. Jika ingin menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, silahkan ke Pulau Weh. Dan seperti halnya saya, anda pun akan tergoda untuk datang kembali suatu saat nanti.






16 komentar:

  1. Pantainya cantik sekali... *0*

    BalasHapus
  2. sudah lama tak berkunjung di blog ini. apa kbr zasachi?

    berhubung saya belum bisa berenang dan belum sok berani menyelam, utk itu saya memilih pantai sumur tiga saja deh. hahaha :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Andri, hehehe terima kasih kunjungannya.
      Sbnrnya aku jg gak pintar berenang, mknya lebih milih snorkeling :)

      Hapus
  3. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    BalasHapus
  4. judul ma tema lomba jauh. wkwkwkwk. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ember... saya pikir ttg wisata NAD, ternyata khusus Kota Banda doang, well... asyikin ajalah..

      Hapus
  5. Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

    BalasHapus
  6. mantap, mampir juga kemari ya: http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html

    BalasHapus
  7. Aahh..cantik bgt mbk...subhanallah..
    Kpn ya bisa ksna...:-D

    BalasHapus
  8. wihhh keren banget yaa..
    apa lagi kalo di pake diving seru bnaget tuh kayanya, jernih pula airnya..
    bikin ngiri deh sist..
    kalo boleh tahu berapa sih tiketnya sist?
    terimakasih :D

    kunjungi juga http://tanjungherbal.com

    BalasHapus
  9. Informasi yang sangat membantu dan menjadi bahan inspirasi. Sukses selalu dan semoga bisa terus menyajikan info yang lebih menarik lagi.

    Obat Pendarahan Kista | Pengobatan Tradisional Jantung Aritmia | Obat Infeksi Saluran Kemih | Obat Plak Pembuluh Darah | Obat Alami Demam Tifoid | Obat Sakit Sendi Paha

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^