Minggu, Januari 15

Komang.. Sahabat Pena dari Pulau Dewata

Tadi pagi aku beres-beres kamar. Menata ulang letak meja tulis dan rak buku. Merapikan kembali letak buku-buku yang sebelumnya sangat berantakan karena disisipi kertas-kertas kerja hasil dari kesalahan print out. Saat beres-beres itulah aku tertarik sama kotak berisi surat-surat hasil korespondensiku tempo dulu.. Begitu urusan berbenah kelar, kotak itu kembali aku buka...


Dan aku tersenyum menatapnya.. Satu persatu aku baca nama pengirim di amplop surat. Sesaat ingatanku berkelana ke masa-masa di mana belom familiarnya e-mail dan hape :) Diantara puluhan surat-surat itu, aku tertarik dengan beberapa amplop dengan pengirim Ni Nyoman Sugiantini. Dia sahabat penaku dari Bali. Aku memulai koresponden dengannya saat aku menemukan namanya sebagai penulis puisi di majalah anak. Gak disangka, ajakan berkenalan dariku disambut hangat olehnya..

Tulisan tangan Komang, nama sapaannya.

Surat di atas adalah surat balasan pertama dari Komang. Sudah lama sekali ternyata, karena di surat itu tertulis tanggal 26 Januari 1996.. 16 Tahun yang lalu :) Tiba-tiba aku jadi rindu padanya..

Selanjutnya, dalam setiap suratnya Komang selalu bercerita tentang Bali, terutama Gianyar tempat tinggalnya. Katanya "Bali mendapat julukan pulau dewata ya karena banyak Pura-nya dong".

Layaknya anak ABG, karena waktu itu kami berseragam putih-biru, Komang juga banyak bercerita tentang idolanya. "Saat ini aku lagi ngefans sama artis2 Mandarin, terutama Jimmy Lin dan Aaron Kwok.. Mereka berdua wajahnya cool banget.." (Hehehe mungkin kalo sekarang K-Pop kale yah...)

Banyak hal yang kami bahas dalam surat2 kami. Tentang Pesantrenku yang peraturannya super duper ketat, tentang SMPN 1 Gianyar tempat dia bersekolah, tentang ikan mas di aquariumku, tentang Sonny anjingnya, tentang adik2ku, tentang kakak2nya..

Masih banyak tentang-tentang yang lainnya. I really miss you, Komang..

Card Ulang Tahun dan Idul Fitri darinya

Persahabatan kami tak lama.. Hanya terjalin selama kami memakai seragam putih-biru saja. Setelah sama2 memulai hari dengan seragam putih-abu2, perlahan surat menyurat itu terhenti. Alamat rumah yang diberikan Komang tidak lengkap, dan aku tidak tau bagaimana menyuratinya lagi (sebelumnya kami selalu menggunakan alamat sekolah)... Surat terakhirnya sampai dirumahku, berisi supportnya agar aku semangat memulai hari di sekolah baru dengan teman yang baru. Karena aku sudah tidak di asrama lagi. Tapi Komang tidak mencantumkan alamat rumahnya.. Aku membalas surat itu, tapi tak pernah menerima balasannya kembali..

Komang yang pake seragam putih-biru

Kami juga pernah tukaran foto. Komang anak yang manis waktu itu. Sekarang mungkin dia sudah jadi wanita cantik dengan karir bagus, atau sudah menikah dan punya anak, atau.. Mungkin jika ada yang mengenalnya dan kebetulan membaca tulisan ini, tolong sampaikan salamku buatnya..

Namanya Ni Nyoman Sugiantini.. Dia sahabat penaku 16 tahun yang lalu..

11 komentar:

  1. Temenku namany juga komang, tp bkan komang yg dmaksud =D
    Moga bs bertemu lg yaaa

    BalasHapus
  2. wah, aku surat2ku dulu banyak banget udh dimusnahkan, hehehe... numpuk sih

    BalasHapus
  3. waww....mantap dah kenangannya
    aku juga punya sahabat pena,..rasanya beda kan mbak...
    sa;lam ukhuwah...
    gabung disini mbk
    http://www.facebook.com/groups/bloofers/

    BalasHapus
  4. wahh.. jd keinget sama penpall ku yg di karawang za.. bersahabat dari smp alhamdulilah sampe skrg masi bisa berkomunikasi.. :) kalo kemarin zasa ikot ku ke bali kan bisa ketemu Ni komang :)

    BalasHapus
  5. SAYA JUGA suka penpals sejak SMP..namun sayang koleksi surat2 kena 'santap' rayap:(

    Lihat kertas Harvest, jd ingat saya dulu pernah gabung di friendshipnya tp hanya setaon krn waktu perpanjangannya gak ada uang utk bayar lagi (jika gak salah ada member cardnya dulu). Juga pernah gabuh Franska fans club...deuuhh seru banget dulu surat-menyurat. Kalau sekarang dlm hitungan detik, 'surat' kita udah bisa nyampe ya Mbak.

    BalasHapus
  6. suart2 ku dulu sama cewe tuh jaman smp - sma,hehe
    dah numpuk dilemari,mungkin aku pengin simpen jadi satu soalnya surat jaman dahulu merupakan benda yang paling sering ditunggu2 kedatang'a

    BalasHapus
  7. Ada award buatmu
    http://praszetyawan.blogspot.com/2012/01/akhirnya-dapet-award-lagi.html

    BalasHapus
  8. blogwalking here
    folback my blog yaa!

    BalasHapus
  9. senangnya yah punya sahabat diluar pulau, meskipun mungkin secara jarak terlihat jauh tetapi karena sering berkomunikasi jadi terasa dekat. tapi kayaknya saya nggak telaten kalo soal surat menyurat seperti ini deh. jadi selalu salut sama orang-orang yang bisa konsisten seperti kamu Za!

    BalasHapus
  10. Datang lagi utk mengantarkan award, semga berkenan utk menerimanya ya..http://kidungkinanthi.blogspot.com/2012/01/versatile-seven-shadow-award.html

    BalasHapus
  11. Saya juga senang punya teman pena, sejak SMP saya udah punya teman Pena tapi sekarang saya tidak tahu lagi tentang alamat Club Pena, tolong ya?

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^