Sabtu, November 12

Melihat Lebih Dekat Prosesi Pernikahan dalam Adat Melayu

Hari ini adalah hari bahagia keponakanku, Wulanda. Karena hari ini adalah hari resepsi pernikahannya ^haiyaaa... keduluan gw ama ponakan ndiri^. Akad nikahnya sendiri berlangsung kemaren, hari jum'at serba sebelas yang sempat menghebohkan para tuan kadi gara2 kebanjiran order akad nikah, menghebohkan para dokter yg sibuk melayani pasien hamil yg mendadak minta lahiran di moment special serba sebelas kemaren. Dunia perfacebookan ama twitteran jg heboh dengan angka 11-11-11... dan buat Wulanda tentu aja jadi special moment in the special time I think :-)

Dan kali ini aku mau berbagi cerita, gimana serunya pesta perkawinan dengan mengusung adat melayu ini.


Tuuhhh... rombongan pria udah datang, acara berbalaas pantun pun dimulai :-)


Ternyata ada rombongan bus pariwisata yang lewat, eeehhh... para pak bule dan buk bule ikutan turun ke jalan buat ambil gambar dan shoot acara berbalas pantun tersebut. Congratz Wulanda.. Bule juga ikutan heboh ^_^


Ada atraksi pencak silatnya juga. Pendekar dari rombongan pengantin pria adu kekuatan sama pendekar dari pengantin wanita... Hayooo... siapa jagoannya??


Setelah atraksi pencak silat selesai, rombongan pengantin pria akan disambut dengan tari persembahan.

Setelah tari persembahan, acara dilanjutkan dengan tempung tawar dari kedua keluarga mempelai. Ketika acara tempung tawar berlangsung, disampaikan juga nasehat untuk kedua mempelai dalam pantun oleh telangkai adat (telangkai adat = orang memandu acara adat ini)

Setelah itu ada makan hadapan. Ini acara yang paling ditunggu karena akan ada banyak sekali jenis makanan yang dihidangkan, mulai dari penganan tradisional sampe modern. Kedua pengantin juga akan berlomba mencari ayam bakar yang disembunyikan di dalam nasi minyak. Katanya siapa di antara mempelai yg bisa mendapatkan utuh badan ayam, dialah yang bakal banyak memimpin di rumah tangga tersebut.. Mitosss banget. Secara tangan mempelai pria jauh lebih besar, dan emang lebih banyak pengantin pria yang berhasil merebut tuh ayam :)

Gimana? seru kan? atau teman blogger pernah menyaksikan langsung prosesi pernikahan adat melayu ini? Hehehehe Well.. aku pikir cukup sekian dulu ceritaku ya. Siang ini aku harus ke Pangkalan Susu untuk menghadiri acara waliahan lainnya. ^Whatz?? Undangan lagiii....Kapan giliranku mengundang neh???^

NB: Karena harus ke Pangkalan Susu, jadi gak sempat ngetake Wulanda dan Alfian di pelaminan, acara tempung tawar masih berlangsung saat aku pamitan. Selamat berbahagia ya.. Semoga Sakinah Mawaddah Warrahmah..

16 komentar:

  1. Ternyata upacara adatnya banyak pernak pernik yg harus dijalankan ya? Mulai dari berbalas pantun sampai pencak silat dan tarian segala.
    Aku jadi sadar nih, pantas aja orang Melayu pinter berpantun, rupanya dalam kehidupan sehari-hari pantun sudah mendarah daging ya?

    BalasHapus
  2. kalo acara pernikahan adat melayu mirip dgn adat minangkabau.. acaranya panjang banget... apalagi acara pantun berpantun... smg masih bisa di lestarikan krn sekarang sdh banyak melakukan acara pernikahannya secara praktis... termasuk saya juga dulu spt itu...
    btw kapan nih acaranya ini utk zasachi .... smg gak lama lagi ya... Aamiin...

    BalasHapus
  3. udah lama banget bunda gak mampir kemari...hehe pas lihat postingan Za..jd ingatin masa2 pernikahan 17th yl..meski itu pakai adat padang, tp kayaknya gak jauh beda deh..dan benar2 sangat melelahkan 4hr 4 malam dari awal acara malam babako/bainai- nikah - resepsi- menjalang...

    BalasHapus
  4. wahh.. seru.. tapi kebetulan saiia gag pernah nyaksiin secara langsung.. kebanyakan di tipi ajja :(

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
  5. wah, bule ikutan nonton juga,
    bangga dong yaaa tradisi indonesia menarik hati para bule
    =D

    BalasHapus
  6. ini artinya acara yang dikemas menarik akan membuat orang ikut menyaksikannya. entar kalo zasachi nikah, bikin acaranya heboh, kasih tuh temen2 blogger yang jadi EO-nya. pasti bakal rame

    BalasHapus
  7. eeh.. nikah adat melayu mirip ama sunda yah pake rebutan ayam segala... yaa kadang ayamnya juga milih-milih siih, kalo ayam betina biasanya yang dapet gede yang cowoknya #lah?

    duh Za, lama nggak mampir dimari.. maap yee


    btw selamat buat ponakan yang menikah, moga mereka selalu bahagiaa

    BalasHapus
  8. melihat prosesi pernikahan sesuai tradisi detilnya ribet ya

    BalasHapus
  9. wah...acaranya sepertinya seru banget nih :-D

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^