Jumat, April 1

Maaf, Salah Sasaran...

Penipuan dengan mengatasnamakan undian bukan cerita baru. Dan korbannya juga udah banyak banget. Ngomongin soal penipuan, aku juga pernah nyaris jadi korban penipuan. Ceritanya masih pagi banget, matahari aja masih ngintip malu-malu. plus hujan dan udara dingin. Tiba-tiba hp ku berbunyi. Nomor baru memanggilku. Karena dulunya aku bekerja di perusahaan telekomunikasi, yang namanya kode-kode nomor selular (meski gak semua) sedikit familiar sama aku. Dan panggilan pagi itu datang dari pulau jawa (secara namanya mobile, bukan gak mungkin juga yang menelpon berada di kota yang sama denganku).

"Hallo.." Sapaku, Sepertinya suaraku terdengar jelek, karena jujur aja aku masih berada di tempat tidur plus selimutan.

"Selamat pagi, mohon maaf sudah mengganggu waktu ibu. Apa benar ibu pengguna no bla..bla..bla.." Dia menyebutkan no hp ku. Feelingku udah gak enak, neh keknya oknum yang gak bertanggung jawab neh. Suara emang ngeyakinin banget. Suara cowok yang model-model Pi-eM (Profesional Muda gitu lah). Lha dia yang nge-dial no aku kok malah nanya lagi?

"Iya.." jawabku pendek.

"Dengan ibu siapa saya bicara?" Tanyanya lagi

"Liza"

"Baik ibu Liza, saya Rezky manager Tel*****l cabang Pekanbaru yang berkantor di Gedung Surya Dumai Pekanbaru. Berdasarkan surat keputusan dari kantor pusat Jakarta...bla..bla..bla..." Wuihh... pinter banget ngomongnya.
"Sebentar.. dengan siapa tadi saya bicara?" aku memotongnya cepat begitu dia selesai bilang aku menang undian POIN.

"Rezky bu"

"Mas Rezky.. Anda gak kepengen tau saya kerja di mana?" tiba-tiba aja ide itu muncul.

"Memang ibu kerja di mana?" suaranya mulai berubah. Keinginanku buat ngebalas iseng dia semakin kuat. Perlu dikerjain juga neh orang...

"Saya kerja di Gerai Tel*****l Surya Dumai..."

"Di.. mana bu..?" dia nanya lagi, mulai gugup. Beda ama pertama kali ngomong, yang pertama lancar banget, titik komanya teratur (aslinya pasti dia baca naskah)

"Di Tel*****l Surya Dumai, Jalan Sudirman Pekanbaru..." kataku mengulang, lebih PeDe. Dia diam mendengarkan.

"Eh, biar kamu tau ya... gak ada tuh di Surya Dumai yang namanya Rezky..." kataku lagi. Dan tuut..tuut.. tuut.. Perbincangan kami terputus. Kabur dianya...

Meski kesal karena dia kabur dan aku belum selesai ngomong, "Maaf aja ye, salah korban neh...." aku senang juga bisa ngebalas. Gak habis pikir, caranya itu loh ngeyakinin banget. Udah gitu sepertinya mereka emang survey, buktinya mereka tau no GSMku seri Pekanbaru. Dan yang ngeyakinin lagi, alamat gerai yang dia sebutkan itu emang benar. Lha aku belinya di Pekanbaru waktu kuliah dulu, otomatis pernah berurusan ke gerainya.

Aku jadi ingat waktu masih kerja di Te***m, banyak banget korban yang ngelapor udah tertipu. Sayangnya mereka langsung aja nurutin syarat-syarat yang diajukan oknum, seperti membeli voucher, transfer pajak, dll. Meski bukan cerita baru, selalu aja ada yang jadi korban. Jadi gak salah juga buat waspada. Jangan cepat percaya sama hal-hal begituan. Apalagi kalau si oknum menghubungi ke nomor ponsel kita. Kan bisa keliatan tuh no nya. Kalau kita jeli, terkadang provider yang mereka gunakan beda dengan provider yang kita gunakan, masak iya udah jelas beda masih mau ngasih hadiah?? Di iklan aja saling sindir menyindir, ya kan?

Oh iya, ada utang majangin award. Dari Noel. Ceritanya aku pernah komen gini diajang Noel bagi-bagi award,
Yaahh... gak ada namaku #Pulang sambil berjalan gontai
Buat yang dapat selamat aja ya...
Hehehe dan award berikutnya aku jadi ketiban awardnya. Thanks Noel. Kabarnya Noel lagi sibuk ama skripsinya. Semoga skripsinya lancar, ya Noel. Nih awardnya:


Next, dari mbak Sukma. Pasti mbak sukma ngerasa lucu liat aku yang senang banget kalo dikasi award, makanya dia juga ngasi award buat aku. Di kotak komentar dia bilang seperti ini:
Slamat ya dgn award nya, mbak juga dapat Yumilah yumiwati awardnya gaphe. Mbak mau bagi Award dari Sahra kalo Za blm punya boleh bawa pulang kok
Makasih ya mbak, ini awardnya juga aku pajangin,


Selesai sudah... Belum tau neh kapan bisa balas ngasi award juga ke temans blogger.





19 komentar:

  1. wah, selamat:
    1. buat berhasil ngebales penipu
    2. buat dapetin award :)

    BalasHapus
  2. wakakakak....niat mau nipu malah ditipu ya za....bagus..bagus...bisa ditiru tuh cara balaes dendamnya...hihihihi...

    wah, award lagi ya za...selamat deh....^_^

    BalasHapus
  3. wah,hebat banget,ngerjain balik..hehe..salut...selamat ya ats award ya

    BalasHapus
  4. Ass.wr.wb.
    Itu namnaya penipu tertipu!
    Selamat buat ewodnya moga tambah semangad ya sist..

    Tengkyu kunjungannya, aku follow ke 54 yaaa...:)

    BalasHapus
  5. hahaha... sukses juga ngadalin si penipu. Wah, keren juga idenya.
    BTW, selamat ya tuk awardnya.

    BalasHapus
  6. hahaha... pinter banget sih kamu dpet ide buat ngerjain balik.. lah kalo saya bangun dari tempat tidur, dapet telpon begituan saya matiin trus tidur lagi. *pemalas

    heemmm kalo seneng dapet award, tuh dikasih tag di blog saya.. mampir yaah, dijawab pertanyaannya. hehehe

    BalasHapus
  7. Haha senjata makan tuan.
    kalo saya sih bakal ngelakuin hal yang sama kayak gaphe *tos sesama pemalas*

    omedetto buat awardnya~

    BalasHapus
  8. hahahha,,,, kasian nasib si penipu. :D

    BalasHapus
  9. ngerjain penipu... wow...

    BalasHapus
  10. He he he salut... atas kreatifitasnya ngerjain si penipu!

    BalasHapus
  11. Wah pinter banget ngatasin si penipu itu, nanti tak pake ah :D
    Oiya, selamat ya dapet award :)

    BalasHapus
  12. Hebat ...oi Za... ngebalas ngerjain penipu, Kena deh... itu orang.
    Za ... makasih ya udah pajang award dr mbak.

    BalasHapus
  13. ha ha ha .kena batunya dia. dasar penipu..

    BalasHapus
  14. penipu kena senjata sendiri...heheeee...

    BalasHapus
  15. All: yup, sebel aku liatnya... aku aja heran kok bisa spontan bilang aku juga kerja di tepat yg sama...

    BalasHapus
  16. wah..
    kyanya pnipu tU langsung gi2 jri tU..
    he..he

    BalasHapus
  17. hahhaha...ada ide nih buat penipuan2 berikutnya,hehhehe....

    lagian, hobi banget sih nipu orang...ga ada kerjaan.

    selamat ya mbak awardnya=)

    BalasHapus
  18. Selamat untuk Awardnya ya ...

    BalasHapus
  19. wah ternyata jago juga ya....ngadalin orang...
    Selamat ya dg award barunya....

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^