Minggu, September 26

Putri Hase, Dongeng Buat Si Kecil



Alhamdulillah, kemaren bingkisan dari penerbit BukuKatta nyampe. Senyum-senyum lucu, mengingat ini adalah buku yang sedikit berbeda. Segmentasi pembacanya sih sebenarnya anak-anak, tapi emang lagi demen ngikuti quiz berhadiah buku, yaaa... buku anak-anak juga gak masalah, diikuti juga quiznya. Eehh... menang, Alhamdulillah http://www.smileycodes.info

Judul bukunya Putri Hase. Hase? yup ini memang buku dongeng klasik Jepang. Pada awalnya aku pikir buku Putri Hase ini berisi satu cerita, ternyata aku salah. Buku Putri Hase berisi 11 judul dongeng berbeda, salah satunya dongeng Putri Hase.


Seperti dongeng untuk anak-anak lainnya (Si Kancil, Timun Mas, Bawang Putih Bawang Merah atau lainnya ala Indonesia), dongeng-dongeng Jepang ternyata juga tidak jauh berbeda. Pesan ceritanya sama, kejahatan melawan kebaikan. Orang-orang yang baik akan menuai hasil yang menyenangkan, dan orang-orang jahat selalu dapat ganjaran yang setimpal. Putri Hase misalnya, dia sangat dibenci oleh ibu tirinya, selalu disakiti bahkan ingin dibunuh. Tapi hati Putri Hase yang baik tidak pernah menyimpan dendam, dia tetap bersikap baik pada ibu tirinya. Sementara sang ibu tiri yang berniat meracuni Putri Hase malah melakukan kesalahan sehingga racun tersebut diminum oleh anak kandungnya sendiri. Adalagi kisah si nelayan cerdas Urashima Taro, meski dikenal cerdas dan baik hati Urashima menerima ganjaran yang sangat mengerikan karena berani melanggar sumpahnya...http://www.smileycodes.info

Karena buat anak-anak, maka jangan heran jika ada cerita raksasa, siluman, bayi yang lahir dari buah persik dan hewan yang berbicara. Buat kita yang dewasa, mungkin kita tau itu boongan, tapi buat anak-anak biarkan aja mereka berimajinasi dengan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita. Yang penting pesan bahwa kemenangan hanya akan diraih oleh orang-orang berhati mulia, bukan si tukang sirik apalagi si pendengki bisa mereka terima http://www.smileycodes.info

Judul Bukunya: Putri Hase
Yang nulis: Yei Ozaki
Yang nerjemahin: Dwi Cipta
Yang nerbitin: BukuKatta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalin komentar kamu di sini ^^