Selasa, Agustus 4

Being a Novelist; Bukan Sekedar Mimpi

When I was just a little girl
I asked my mother what would I be?
Will I be pretty or will be rich
Yes what she said to me..

Queh sera..sera..what ever will be...will be..


Itu lagu tempo dulu, waktu zaman2nya masih kursus Bahasa Inggris di BBC. Kalo sekarang ditanya apa impianku? hehehehe aku mo bilang kalo aku pengen jadi novelis (halah), ini serius. Alasannya sederhana, aku suka baca novel, dan terkadang aku punya cerita sendiri di sini (sambil nunjuk kepala-red).
"Mo nyaingi Andrea Hirata?" rekan di kantor pernah nyindir secara langsung. Dan dia jadi pura2 muntah gitu waktu aku iyakan, padahal aku cuma bercanda gitu (hare genee sapa juga gak kenal Andrea Hirata?). Tapi apa salah kalo punya cita2 model gituan? sampe2 orang langsung aja mencibir bilang "jangan mimpi, lha tulisan diblog kamu masih banyak yang perlu direhabilitasi..." (ampuunnn dah..)

Tapi waktu chat sama Arfa jadi laen. "Kenapa gak? Udah baca Sang pemimpi? buku kedua dari tetralogi Andrea Hirata? Gak ada yang impossible sekarang Za...."


Arfa tuh benar banget. Meski katanya gak ada yang impossible sekarang ini, tapi aku merasa ada yang memang harus aku perbaiki dari diriku sendiri agar apa yang aku impikan gak selamanya hanya jadi impian belaka. Karena ada pesan "kerja keras" dalam kata2 Arai di buku tersebut yang lebih kurang berbunyi, "Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi2 kita..."

1. Keyakinan
Sebelum bermimpi pengen jadi novelis, aku kembali ngeyakini diriku, apa aku bisa? Rekor menulis aku masih seumur jagung, dan kalopun menulis sejauh ini masih cerita2 pendek, sementara cerita pendek itu beda banget dengan novel. Tapi aku harus mencoba sebelum benar2 memvonis kalo aku mungkin cuma bisa menulis cerita pendek. Rasanya kemampuan gak muncul gitu aja, harus dilatih terlebih dahulu.

2. Usaha
Berapa cerita pendek yang pernah dipublikasikan? berapa yang ditolak? berapa lama waktu dihabiskan buat baca (ini penting loh, karena kemampuan menulis sebenarnya didukung oleh kegemaran membaca dan berapa banyak yang dibaca). Sepertinya di poin ini yang benar2 harus aku perhatiin dengan serius. Aku gak bisa memberi porsi usaha yang sama untuk dua tuisan yang berbeda (cerita pendek dan novel)

3. Berdoa
Aku harus melibatkan Dia. Karena sesungguhnya Dia lebih mengetahui. Katanya doa dan usaha itu ibarat sayap, dan untuk terbang ke langit dibutuhkan 2 sayap (usaha dan doa). Bukan masalah gak pe-de, tapi ketika semua urusan melibatkan Dia, akan bernilai ibadah, itu poinnya.

4. Gak putus asa
Sekali lagi, aku memang pengen nulis novel. Aku pengen tulis semua hal tentang marine station, tentang persaudaraan kami selama di Kampus Dumai, semuanya pokoke, tentang kami berlayar ke Pulau Rupat, tentang Rini teman aku yang hanyut, tentang virus sakit mata, tentang Ramadhan di Dumai, tentang gak ada air, semuanya... Karena semuanya itu sangat indah buat aku. Biar para junior2 tau bahwa pernah ada kehidupan yang sangat indah di sana, dan mereka juga bisa mewujudkannya kalo mereka benar2 cinta sama Marine Station. Gak harus seperti Andrea Hirata dengan karya fenomenalnya laskar pelangi.


Atau seperti J.K Rowling dengan karya maha dahsyatnya Harry Potter



Aku cuma pengen jadi aku dengan karyaku sendiri. Jadi aku gak boleh putus asa kalau terlalu banyak benturan ketika menjalaninya. Aku harus positif thinking bahwa mgkn usahaku belum maksimal.


Rasanya sederhana sekali ya? Dan gak ada yang gak mungkin buat hal sesederhana itu. Tapi semuanya bisa jadi gak mungkin kalo aku hanya berhenti sampai di sini. Aku harus benar2 komitmen dengan 4 hal di atas.

Tapi bagaimana kalo setelah 4 hal di atas aku jalani, tapi aku belum bisa release satu novelpun???(itu mah urusan nanti, urusan nanti mikirinnya nanti2 aja, gitu aja kok repot?)

4 komentar:

  1. semangat kak....."Gunungpun bila sampai dipuncaknya akan terasa datar!!"hehehe

    BalasHapus
  2. kalo puncak gunung lancip, kagak ade yg mo ngedaki gunung dik... hehehehe, thanks.

    BalasHapus
  3. ntar aku dapat tanda tangan duluan yah....hehhehe

    BalasHapus

Tinggalin komentar kamu di sini ^^