GELOMBANG FITNAH DI ZAMAN SAHABAT RASULULLAH: SIAPAKAH USMAN BIN AFFAN

 


FADHAIL UTSMAN BIN AFFAN

v  Memiliki hubungan kekerabatan dengan Rasulullah sekaligus merupakan menantu Rasulullah. Dari jalur Ayahnya akan bertemu dengan Rasulullah di Abdi Manaf. Sedangkan Ibunya, Ummu Hakim Al Baidho menurut sebagian riwayat menyatakan adalah putri Abdul Muthalib, saudara kembar dari ayahnya Rasulullah, Abdullah.

v  Utsman adalah orang yang tidak tersentuh khamr dan orang yang jujur. Masuk islam melalui jalur Abu Bakar

v  Utsman adalah sahabat yang diperintahkan oleh Rasulullah untuk hijrah ke Habasyah bersama istrinya Ruqayyah. Ia menuntun istrinya di atas keledai, semenara ia berjalan kaki. Padahal Utsman mampu membeli kuda karena ia adalah seorang saudagar kaya serta memiliki bisnis yang besar. Ini menunjukkan sikap tawadhu seorang Utsman.

v  Dalam satu riwayat disebutkan saat Rasulullah sedang bersama Aisyah, kemudian Abu Bakar datang berkunjung. Rasulullah mempersilahkan Abu Bakar masuk, sementara pakaian yang sedang dikenakan oleh Rasulullah sedang tersingkap sehingga memperlihatkan pahanya. Rasulullah baru menutup pahanya tersebut saat Utsman datang. Aisyah yang melihat hal tersebut kemudian bertanya mengapa Rasulullah baru membenarkan pakaiannya setelah Utsman datang. Rasulullah menjawab bahwa sudah selayaknya Ia merasa malu kepada orang yang malaikat pun malu kepadanya.

v  Utsman adalah saudagar yang kaya raya

v  Utsman membebaskan sumur milik yahudi untuk keperluan umat Islam saat berada di Madinah

v  Perang Tabuk adalah perang yang sangat sulit dihadapi oleh kaum muslimin kala itu karena cuaca yang sangat panas. Infaq Utsman untk perang tabuk adalah: 300 ekor unta beserta pelana dan bekalnya. Kemudian ia tambahkan lagi 200 ekor unta beserta pelana dan perbekalannya. Kemudian ia tambahkan lagi hingga berjumlah 600 ekor unta (ada sebagian riwayat menyebutkan hingga 700 ekor unta) dan ditambah lagi dengan dirham sebanyak 2000 keping. Saat berangkat ke Perang Tabuk, Unta tersebut digilir karena memang tidak mencukupi untuk keseluruhan prajurit, dan Utsman bin Afffan ikut menunggu gilirannya.

v  Ada beberapa peperangan di mana Utsman bin Affan tidak ikut berpartisipasi. Hal tersebut karena ia harus merawat istrinya yang sakit dan juga karena perintah Rasulullah untuk tidak ikut berperang. Tetapi nantinya hal ini akan kembali “digoreng” untuk memfitnah dan menjatuhkan Utsman.

v  Utsman dalah figur ang dapat dicontoh dalam hal beribadah. Ia sangat mencintai Al Quran. Pernah Utsman masuk ke Masjidil Haram, melaksanakan sholat 2 raka’at dengan mengkhaamkan Al-Quran.

v  Saat wafatnya dalam keadaan berpuasa

v  Yahudi memiliki peran dalam mengacak shaf umat Islam hingga terpecah. Yahudi tersebut adalah Abdullah bin Saba

 

INSIGHT!

v  Allah tidak salah menitipkan hartaNYA pada Utsman

v  Allah yang memilih Utsman untuk menjadi sahabat Rasulullah

v  Orang yang sudah selesai dengan dirinya sendiri, maka ia akan cenderung memberi manfaat. Ukuran “sudah selesai denga dirinya sendiri” adalah: Jika di hari itu seseorang dalam kondisi sehat, aman (tidak di bawah ancaman) dan memiliki makanan.

v  Adab murid kepada guru ketika menemukan bahwa guru itu salah:

1.   Memastikan terlebih dahulu apakah kesalahan itu beraal dari gurunya atau tidak

2.   Jika kesalahan berasal dari guru, maka serahkan kepada ahlinya untuk memutuskan apakah itu salah atau tidak

3.   Jika menurut ahlinya salah, maka ingatkan dengan cara yang baik

4.   Mencari-cari udzur, “oh… barangkali beliau melakukan hal itu karena alasan ini…” Udzur ini untuk menenangkan hati.

Komentar